Konsep Desain Kitchen Set Dapur Rumah

Kitchen set adalah elemen dapur yang memiliki fungsi cukup vital untuk aktivitas memasak di dapur. Selain untuk mempercantik ruang dapur, kitchen set juga dimanfaatkan untuk menyimpan bahan makanan, bumbu, hingga perabotan memasak yang ukurannya kecil. Hampir semua rumah di perkotaan mengaplikasikan kitchen set pada ruang dapurnya, bahkan kini masyarakat pedesaan juga mulai banyak yang menggunakannya. Konsep desain kitchen set dapur rumah sendiri dibuat mengikuti alur ruangan sehingga tampilannya lebih menarik dan yang pasti tidak banyak makan tempat.

Bagaian-bagian Kitchen Set

Karena sering disebut furnitur multifungsi, kitchen set memiliki beberapa bagian penting yang umumnya dibedakan menurut fungsinya. Bagian-bagian tersebut adalah: kabinet atas, kabinet bawah, top table (table top), dan back panel. Detailnya, kabinet atas merupakan bagian kabinet yang digantung pada dinding dengan standar kedalaman berukuran maksimal 40 cm. Sementara kabinet bawah merupakan kabinet yang terletak dibagian bawah dengan kedalaman maksimal 60 cm, yang biasanya dilapisi top table dibagian atasnya. Sedangkan top table merupakan komponen kitchen set berbentuk lembaran papan dari material yang umumnya mudah dibersihkan yang sekaligus berfungsi untuk meja. Top table sendiri posisinya diatas kabinet bawah. Dan yang terakhir adalah back panel, back panel sejatinya adalah panel atau keramik yang terletak ditengah kabinet atas dan bawah.

Dengan mengetahui konsep desain kitchen set dapur rumah dan bagian-bagiannya, sedikit banyak akan membantu kita memutuskan apakah kita akan memilihnya untuk property dapur ataukah memilih furnitur lain. Jika memang memutuskan untuk memilih kitchen set menjadi bagian dari dapur, ada baiknya kita simak tips memilih kitchen set berikut ini.

- Bahan
Bahan kitchen set harus benar-benar diperhatikan lebih teliti sebab erat kaitannya dengan masalah ketahanan dan keawetannya, belum lagi pewatan kitchen set sendiri terbilang cukup sulit. Kitchen set yang berkualitas biasanya terbuat dari material kayu olahan multipleks dengan finishing cat duco atau melamik. Bahan dasar lain yang kualitasnya sama adalah kayu solid misalnya tacon, tripleks, dan kayu jati.

- Kerapian
Selain warna dan model, kerapian kitchen set tidak boleh diabaikan. Perhatikan kerapian pemasangan engsel, pemotongan kayu dan kaca, serta finishing produk. Pastikan semua sempurna tanpa cacat.

- Pemasangan Baut
Perhatikan baut yang terpasang dari samping produk. Jika baut terpasang disetiap sisi lemari, maka kitchen tersebut kualitasnya memang bagus. Namun jika baut hanya terpasang dibagian atas dan bawah, sebaiknya tidak perlu memilih produk tersebut walaupun bentuk dan modelnya terlihat sangat menarik.

- Sesuaikan dengan Luas Dapur
Ukuran kitchen set yang bagus harus menyesuaikan luas ruang dapur. Jika dapur luasnya terbatas, kita bisa memilih konsep desain kitchen set dapur rumah yang sederhana. Tidak perlu menggunakan kitchen set ukuran besar karena hanya akan mempersempit ruang dapur. Bersihkan kitchen set sesering mungkin agar terhindar dari kelembaban sehingga tidak mudah ditumbuhi jamur. Pastikan kitchen set terbebas dari sisa-sisa makanan yang dapat memancing tamu tak diundang semacam tikus dan kecoa.

Dalam menata ide desain rumah modern memang membetuhkan semangat dan inspirasi untuk melakukannnya. Oleh karena hal itu, semoga informasi yang kami sajikan kepada anda membawa manfaat bagi pembaca dalam menciptakan ide gagasan untuk mendesain desain rumah idaman yang anda impikan. Teruslah anda berusaha menciptakan hal yang terbaik untuk hunian anda, karena pepatah mengatakan bahwa rumahku adalah surgaku. Sekian informasi dari kami, apabila anda ingin membaca referensi yang lain anda juga dapat membaca mengenai Model Desain Interior Kamar Tidur Minimalis dan Model Rumah Minimalis 2 Lantai

4 comments: