Ide Sederhana Mempercantik Ruangan Rumah

Ide untuk mendekorasi interior ruang tamu desain rumah minimalis dan ruang keluarga anda, Built in Cabinet, Dekorasi Batu Alam, Cermin Sebagai Elemen Dekorasi dan Dekorasi Koleksi Benda Vintage , adalah rangkaian ide yang mudah untuk diterapkan untuk me make over interior rumah anda. Selamat Berkreasi!


BUILT IN CABINET
penyimpanan praktis

Aplikasi built in cabinet sangat cocok untuk ruangan rumah yang mementingkan efisiensi dan kerapian. Built in cabinet menjadikan ruangan terasa lapang dan compact, karena desain dan bidangnya terintegrasi dengan ruangan. Biasanya cabinet ini dipasang dengan memanfaatkan ruang cekungan antara dua kolom, atau bisa juga berfungsi menjadi dinding.

Aplikasi ini sangat popular untuk cabinet di ruang-ruang unit apartemen dan rumah mungil atau compact. Untuk mengaplikasikan built in cabinet ini dibutuhkan perencanaan yang matang serta ketelitian dari tukang (carpenter), karena sifatnya yang menyatu dengan ruangan maka pengukuran yang cermat akan bidang cabinet sangat diperlukan. Sifatnya yang customed design membuat kita flexible untuk menentukan ide desain, sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan selera kita. Misalnya ukuran besaran rak disesuaikan dengan ukuran barang yang akan disimpan dalam cabinet tersebut.

Bahan yang paling banyak digunakan untuk built in cabinet adalah multiplex sebagai bahan dasarnya, biasanya multiplex dengan tebal 12mm ke atas. Kemudian dilapis dengan finishing yang dikehendaki, misalnya untuk bagian dalam formika putih, dan bagian luar bisa memakai HPL, Tacon atau triplex dengan tekstur jati yang kemudian di finishing cat melamine.

Yang menarik dari furniture built in ini adalah exclusivitasnya, karena harus disesuaikan dengan dimensi ruangan dan desainnya yang harus custom made.MEMBUAT BUILT IN CABINET
- Tentukan bidang dinding yang akan di ‘ cover ‘ oleh cabinet, manfaatkan cerukan bidang antar kolom agar lebih efisien.
- Ukur dimensi cabinet harus diukur dengan cermat agar sesuai dengan dimensi ruang. Kesalahan pengukuran akan membuat cabinet anda tidak bisa dipasang pada ruangan.
- Tentukan desain sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk penyimpanan sepatu, sesuaikan tinggi dan lebar grid pembatas cabinet agar lebih efisien..
- Pilih finishing yang sesuai dengan tema ruangan. Apabila menginginkan tampilan clean dan terkesan bagian dari dinding, beri warna yang sama dengan dinding, dan handle ditiadakan, cukup dengan sistem tekan dan buka.
- Apabila ingin menj
adikannya aksen ruangan pilih warna yang senada dengan furniture lainnya, sehingga kontras dengan bidang dinding.

MENEMPATKAN CERMIN

pemakaian cermin sebagai elemen interior sekarang ini banyak di aplikasikan oleh para dekorator. Cermin menjelma menjadi vocal point pada ruang. Cermin tidak lagi hanya terdapat dalam kamar atau di toilet, namun telah meluas penggunaannya ke ruang yang sifatnya publik di dalam rumah, seperti di ruang tamu dan ruang.

Sifat cermin yang dapat memantulkan bayangan dimanfaatkan untuk menambah kesan luas pada ruangan yang relatif sempit, sering di aplikasikan pada dekorasi interior apartemen atau rumah mungil. Cermin dijadikan panel pada bidang dinding atau diletakkan diatas meja konsol.

Cermin dengan kesan dingin dan kaku sangat cocok digunakan pada ruang dengan gaya modern atau minimalis, panel kaca menambah kesan futuristik pada ruangan. Untuk menghilangkan kesan dingin, panel cermin dapat di bingkai kayu, kuningan dll sesuai dengan tema ruangan. Misalnya untuk kesan ethnic pilih bingkai yang penuh dengan ukiran dekoratif etnik tertentu seperti Jawa atau Bali. Kaca cermin yang dipakai untuk panel ini lebih tebal dari kaca cermin biasa, makin luas bidang panel cermin makin tebal cermin yang dibutuhkan, disarankan lebih besar dari 8mm.

tips menempatkan
CERMIN
Pilih bidang dinding yang mengekspos bidang lain yang menarik untuk dipantulkan. Untuk ruang kecil pilih bidang kaca panel yang menutupi salah satu bidang dinding, agar kesan ruangan jadi luas. Kaca dapat ‘dibelah’ dengan grid kotak atau diagonal agar lebih atraktif.

Untuk ruangan yang relatif luas letakkan cermin pada bingkai, letakkan bingkai cermin pada meja konsol. Letakkan vas bunga besar dan table lamp pada meja konsol, pantulan bayangannya dicermin akan sangat menarik. Bingkai Cermin juga menarik diletakkan di dinding belakang sofa. Bingkai dapat disesuaikan dengan material dan warna furniture kayu disekelilingnya.

Beri pencahayaan dengan lampu down light atau standing lamp di depan cermin yang akan memantulkan cahaya keseliling ruangan sehingga lebih menarik lagi.

Nah itulah beberapa informasi dalam mempercantik desain interior rumah anda. Semoga dapat membantu dan selamat mempraktekannya dirumah. Untuk informasi yang berikutnya anda juga dapat membaca mengenai Desain Nat Pada Keramik Rumah Minimalis dan Desain Kamar Tidur Anak Laki Laki Minimalis

0 comments:

Post a Comment